1. Saperiah
Kelompok tiga telah memaparkan jenis motivasi
menurut pembagian dari Woodworth dan Marquis. Yang saya tanyakan adalah pada
poin c, yakni motif objektif. Di sana dijelaskan bahwa motif objektif itu
menyangkut kebutuhan untuk melakukan eksplorasi, melakukan manipulasi, untuk menaruh minat.
Mohon beri penjelasannya lagi dan berikan contohnya.
Terima kasih.
Terima kasih.
Tanggapan
kelompok 6:
Motif objektif
eksplorasi adalah motif yang didapat atau dimiliki atas dasar untuk mendalami (mengeksplorasi)
objek secara keseluruhan. Contohnya berhubungan dengan musik maka seseorang itu
harus mempelajari seluk-beluk mengenai musik atau hal-hal yang berhubungan dengan
musik.
Motif objektif
melakukan manipulasi artinya meniru gaya orang lain. Contohnya seseorang yang
mengagumi seorang artis maka dia akan meniru segala hal yang berhubungan dengan
artis tersebut. Seperti pakaiannya, model rambut, gaya bicaranya dan sebagainya.
Motif objektif
untuk menaruh minat yaitu motif yang timbul dari diri sendiri untuk mempelajari
suatu hal yang diinginkan. Contohnya jika seseorang berminat atau menyukai bidang
olah raga maka ia akan belajar dan berlatih dalam bidang tersebut.
2. Nurul
Hidayah
NIM A1B110224
Kelompok 3 telah menjelaskan tentang motivasi dan aktivitas belajar. Saya ingin bertanya, apa hubungan motivasi dan aktivitas dalam kegiatan belajar mengajar?
Apakah hubungan tersebut terjadi secara timbal balik?
Terima kasih
NIM A1B110224
Kelompok 3 telah menjelaskan tentang motivasi dan aktivitas belajar. Saya ingin bertanya, apa hubungan motivasi dan aktivitas dalam kegiatan belajar mengajar?
Apakah hubungan tersebut terjadi secara timbal balik?
Terima kasih
Tanggapan kelompok 6
Dalam aktivitas belajar diperlukan adanya motivasi
belajar karena hal itu juga akan mempengaruhi hasil belajar. Hubungan motivasi
dan aktivitas belajar terjadi secara timbal balik.
3. SISWANTO
ADI SAPUTRO
NIM A1B110233
Dari penjalasann kelompok 3 yang membahas mengenai motivasi dan aktivitas dalam belajar disitu kelompok menjelaskan bahwa Motivasi dipandang sebagai dorongan mental yang menggerakkan dan mengarahkan perilaku manusia, termasuk perilaku belajar. Dalam motivasi terkandung adanya keinginan yang mengaktifkan, menggerakkan, menyalurkan, dan mengarahkan sikap dan perilaku individu belajar.
jadi pertanyaan saya adalah seandainya kalian menjadi seorang pengajar suatu saat nanti, motivasi seperti apa yang akan kalian berikan kepada siswa sehingga dapat mendorong siswa tersebut menjadi siswa yang bisa dikatakan sebagai siswa yang bisa belajar dengan baik ketika dalam proses pembelajaran.
NIM A1B110233
Dari penjalasann kelompok 3 yang membahas mengenai motivasi dan aktivitas dalam belajar disitu kelompok menjelaskan bahwa Motivasi dipandang sebagai dorongan mental yang menggerakkan dan mengarahkan perilaku manusia, termasuk perilaku belajar. Dalam motivasi terkandung adanya keinginan yang mengaktifkan, menggerakkan, menyalurkan, dan mengarahkan sikap dan perilaku individu belajar.
jadi pertanyaan saya adalah seandainya kalian menjadi seorang pengajar suatu saat nanti, motivasi seperti apa yang akan kalian berikan kepada siswa sehingga dapat mendorong siswa tersebut menjadi siswa yang bisa dikatakan sebagai siswa yang bisa belajar dengan baik ketika dalam proses pembelajaran.
Tanggapan kelompok 6
Memberikan cerminan yang baik kepada siswa agar siswa
tersebut termotivasi untuk terus belajar, serta mendukung minat siswa sesuai
bidang yang disukai siswa.
4. Nama
: Abdul Hamid
NIM : A1B110201
Perilaku manusia terpengaruh oleh 3 (tiga) komponen yaitu:
a) Komponen afektif adalah aspek emosional. Komponen ini terdiri dari motif sosial, sikap, dan emosi.
b) Komponen kognitif adalah aspek intelektual yang terkait dengan pengetahuan.
c) Komponen konatif adalah terkait dengan kemampuan dan kebiasaan bertindak.
Kepada kelompok 3 coba berikan penjelasan secara sederhana serta berikan contonya mengenai tiga komponen perilaku manusia terpengaruh ?
NIM : A1B110201
Perilaku manusia terpengaruh oleh 3 (tiga) komponen yaitu:
a) Komponen afektif adalah aspek emosional. Komponen ini terdiri dari motif sosial, sikap, dan emosi.
b) Komponen kognitif adalah aspek intelektual yang terkait dengan pengetahuan.
c) Komponen konatif adalah terkait dengan kemampuan dan kebiasaan bertindak.
Kepada kelompok 3 coba berikan penjelasan secara sederhana serta berikan contonya mengenai tiga komponen perilaku manusia terpengaruh ?
Tanggapan kelompok
6
a.
Komponen
afektif menyangkut aspek emosional seseorang.
Contoh: sedih
ketika melihat orang berduka, senang ketika melihat orang bahagia.
b.
Komponen
kognitif menyangkut cara berfikir seseorang sesuai pengetahuan yang dimilikinya.
Contoh: ketika ujian berlangsung siswa di dalam kelas
menjawab pertanyaan sesuai dengan pengetahuan mereka.
c.
Komponen
konotatif menyangkut kemampuan dalam bertindak di dalam kelas.
Contoh: siswa yang aktif dalam diskusi menyampaikan
pendapat, tanggapan maupun pertanyaan.
5. Okta
Maria Ulva
AlBll0216
(Kelompok 4)
Di sini kelompok menjelaskan mengenai motivasi dan aktivitas dalam belajar. Yang saya tanyakan, bagaimana cara memberikan motivasi xg sesuai dengan aktivitas?
Terimakasih.
AlBll0216
(Kelompok 4)
Di sini kelompok menjelaskan mengenai motivasi dan aktivitas dalam belajar. Yang saya tanyakan, bagaimana cara memberikan motivasi xg sesuai dengan aktivitas?
Terimakasih.
Tanggapan kelompok 6
Motivasi yang diberikan bisa dengan cara memberi penghargaan
berupa pujian, hadiah jika aktivitas yang dilakukannya sudah sesuai dengan
pembelajaran. Namun jika aktivitas pembelajaran yang dilakukannya tidak tepat
maka motivasi yang diberikan dapat berupa teguran, bahkan hukuman.
6. Raudatul
Janah
NIM A1B110255
Kelompok menjelaskan motivasi primer adalah motivasi yang didasarkan pada motif-motif dasar. Motif-motif dasar tersebut umumnya berasal dari segi biologis atau jasmani manusia. Manusia adalah makhluk berjasmani, sehingga perilakunya terpengaruh oleh insting atau kebutuhan jasmaninya. Saya ingin bertanya tentang penjelasan mengenai insting tersebut dan berikan contohnya! Terima kasih.
NIM A1B110255
Kelompok menjelaskan motivasi primer adalah motivasi yang didasarkan pada motif-motif dasar. Motif-motif dasar tersebut umumnya berasal dari segi biologis atau jasmani manusia. Manusia adalah makhluk berjasmani, sehingga perilakunya terpengaruh oleh insting atau kebutuhan jasmaninya. Saya ingin bertanya tentang penjelasan mengenai insting tersebut dan berikan contohnya! Terima kasih.
Tanggapan kelompok 6
Insting adalah pola tingkah laku bawaan sejak lahir
yang bersifat turun-temurun.
Contohnya dalam pembelajaran, seorang anak memiliki prestasi
pada suatu bidang seni tari. Prestasi tersebut diturunkan melalui bakat yang
dimiliki ibunya.
7. Nama
: Harmah
NIM : A1B110211
Dari macam-macam motivasi menurut kalian motivasi ekstrinsik itu apakah bisa mempengaruhi siswa dalam kegiatan belajar mengajar agar lebih efektif? lalu dalam kegiatan belajar mengajar motivasi ekstrinsik itu seberapa pentingnya untuk siswa?
NIM : A1B110211
Dari macam-macam motivasi menurut kalian motivasi ekstrinsik itu apakah bisa mempengaruhi siswa dalam kegiatan belajar mengajar agar lebih efektif? lalu dalam kegiatan belajar mengajar motivasi ekstrinsik itu seberapa pentingnya untuk siswa?
Tanggapan kelompok 6
Menurut kami motivasi ekstrinsik dapat mempengaruhi
siswa dalam kegiatan belajar megajar agar lebih efektif misalnya karena dorongan dan dukungan dari
orang tuanya membuat siswa tersebut merasa termotivasi dan harus belajar dengan
giat agar dapat membanggakan kedua orang tuanya. Dalam kegiatan belajar
mengajar motivasi juga berperan penting bagi siswa karena hal itu dapat
mempengaruhi proses belajar dan evaluasi belajarnya.
8. Nama:
Laili Hidayati
NIM : A1B110202
Seperti yang kita ketahui, peserta didik akan senang dengan kegiatan yang memberikan mereka peluang untuk berprestasi, dari sekian banyak motivasi yang dipaparkan oleh kelompok 3, yang ingin saya tanyakan adalah bagaimana cara kita sebagai calon pendidik untuk memberikan motivasi antara pembelajaran yang ada dikelas dengan prestasi yang mereka peroleh dari luar kelas agar keduanya bisa seimbang, "jika kasusnya saat itu, peserta didik lebih dominan mementingkan prestasi diluar yang tidak ada kaitannya dengan interaksi belajar mengajar di sekolah".
NIM : A1B110202
Seperti yang kita ketahui, peserta didik akan senang dengan kegiatan yang memberikan mereka peluang untuk berprestasi, dari sekian banyak motivasi yang dipaparkan oleh kelompok 3, yang ingin saya tanyakan adalah bagaimana cara kita sebagai calon pendidik untuk memberikan motivasi antara pembelajaran yang ada dikelas dengan prestasi yang mereka peroleh dari luar kelas agar keduanya bisa seimbang, "jika kasusnya saat itu, peserta didik lebih dominan mementingkan prestasi diluar yang tidak ada kaitannya dengan interaksi belajar mengajar di sekolah".
Tanggapan kelompok
6
Jika hal itu
terjadi maka guru harus memiliki strategi dalam memotivasi siswanya. Guru memberikan
pengarahan terhadap siswa mengenai pentingnya pelajaran yang ada di kelas selain
itu guru harus membuat model pembelajaran yang menarik sehingga siswa itu
termotivasi.
9. Nama:
Norlaila
Nim: A1B110242
Mengenai motivasi, menurut kelompok kalian bagaimana agar diri kita selalu termotivasi terutama dalam pembelajaran?
terima kasih
Nim: A1B110242
Mengenai motivasi, menurut kelompok kalian bagaimana agar diri kita selalu termotivasi terutama dalam pembelajaran?
terima kasih
Tanggapan kelompok 6
Menurut kelompok kami cara memotivasi diri untuk
belajar adalah dengan cara mengingatkan diri kita bahwa diri kita adalah calon
guru yang nantinya akan memiliki tanggung jawab yang besar terhadap siswa.
10. NAMA
: AHMAD JAMALUDIN
NIM : A1B110204
assalamualaikum. wr.wb
saya sangat salut dan memberi jempol buat kelompok maupun yang bertanya serta yang menanggapi karena sudah memberi ilmu pengetahuan khususnya tentang Motivasi dan Aktivitas Pembelajaran, namun disini saya ingin bertanya kepada teman-teman semua, mulai dari kelompok 3 ataupun teman- teman yang lainnya.
Apakah seorang yang mempunyai kekurangan ( penyandang autis) masih mempunyai motivasi yang kuat dalam proses belajar sedangkan dilingkungannya mereka selalu mendapatkan ejekan dari teman-teman sebaya maupun di masyarakatnya? lalu motivasi apakah yang cocok untuk seorang penyandang autis tersebut? Terimakasih
NIM : A1B110204
assalamualaikum. wr.wb
saya sangat salut dan memberi jempol buat kelompok maupun yang bertanya serta yang menanggapi karena sudah memberi ilmu pengetahuan khususnya tentang Motivasi dan Aktivitas Pembelajaran, namun disini saya ingin bertanya kepada teman-teman semua, mulai dari kelompok 3 ataupun teman- teman yang lainnya.
Apakah seorang yang mempunyai kekurangan ( penyandang autis) masih mempunyai motivasi yang kuat dalam proses belajar sedangkan dilingkungannya mereka selalu mendapatkan ejekan dari teman-teman sebaya maupun di masyarakatnya? lalu motivasi apakah yang cocok untuk seorang penyandang autis tersebut? Terimakasih
Tanggapan kelompok
6
Menurut kami
motivasi yang cocok dan efektif yang
digunakan untuk anak autis adalah motivasi ekstrinsik yaitu motivasi yang
datang dari luar (lingkungan) seperti
peranan orang tua dalam membimbing anaknya yang autis serta peranan guru
dalam memberikan pengajaran yang sesuai dengan kebutuhan anak tersebut.
11. Nama
: Hayatul Mursyida
Nim: A1B110212
Baiklah, berhubung di blog ini sangat ramai maka saya pun tidak mau ketinggalan untuk ikut serta meramaikannya…hahaha
Saya ingin bertanya kepada kelompok ini, apakah motif-mortif bawaan itu juga termasuk motivasi primer?
Lalu satu lagi yang ingin saya tanyakan adalah misalnya ada seorang pemuda yang sangat membutuhkan uang, kemudian dia termotivasi untuk mencuri. Nah hal tersebut termasuk motifasi apa?
Nim: A1B110212
Baiklah, berhubung di blog ini sangat ramai maka saya pun tidak mau ketinggalan untuk ikut serta meramaikannya…hahaha
Saya ingin bertanya kepada kelompok ini, apakah motif-mortif bawaan itu juga termasuk motivasi primer?
Lalu satu lagi yang ingin saya tanyakan adalah misalnya ada seorang pemuda yang sangat membutuhkan uang, kemudian dia termotivasi untuk mencuri. Nah hal tersebut termasuk motifasi apa?
Tanggapan kelompok 6
Menurut kami motif-motif bawaan yaitu berupa insting. Jadi, motif-motif bawaan termasuk motivasi
primer.
Seorang pemuda yang sangat
membutuhkan uang, kemudian dia termotivasi untuk mencuri termasuk motivasi ekstrinsik karena hal tersebut
terjadi karena faktor ekonomi yang merupakan faktor dari luar (lingkungan yang
memotivasinya untuk bertindak).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar